10 Tips Sederhana Untuk Bangun Lebih Pagi

Banyak cara untuk bisa bangun lebih pagi dari biasanya. Selain udara masih segar, banyak manfaat lain yang bisa Anda peroleh ketika mampu bangun pagi. Diantaranya menyiapkan segala keperluan untuk beraktivitas hari ini, berolah raga, dan yang lebih penting lagi, dengan bangun lebih pagi badan akan terasa lebih segar dan sehat.

Berikut adalah 10 tips untuk bangun lebih pagi. Gunakan tips-tips ini jika Anda mengalami kesulitan untuk bangun lebih pagi.

1. Pasang Alarm. Jangan lupa untuk memasang alarm sebelum Anda tidur. Tempatkan alarm tersebut di tempat yang sulit Anda jangkau sehingga Anda tidak bisa mematikannya ketika Anda bangun pagi.

Tips ini tidak berguna jika Anda menempatkan alarm di tempat yang mudah Anda jangkau karena jika Anda merasa malas, Anda akan mematikannya dan segera kembali ke tempat tidur.

2. Tidur pukul 09:00 Tepat. Malam adalah waktu yang sangat tepat bagi tubuh untuk beristirahat. Jika memungkinkan, tidurlah pukul 09:00 tepat dan bangun pukul 05:00 pagi.

Untuk menjalankan tips bangun tidur ini, Anda boleh meminum obat tidur jika merasa kesulitan untuk tidur. Anda bisa memperoleh obat tidur yang tepat di Apotek terdekat.

3. Jangan berlebihan tidur siang. Jika Anda memiliki kebiasaan tidur siang, maka jangan berlebihan ketika tidur siang.

Usahakan Anda sudah bangun ketika pukul 03:00 sore. Tidur siang yang berlebihan bisa menganggu siklus tidur Anda di malam hari. Tidurlah selama antara 1 hingga 1,5 jam. Tidak terlalu lama, juga tidak terlalu sedikit.

4. Berolah raga dengan teratur. Bisa jadi Anda tidak bisa bangun pagi karena kondisi tubuh yang kurang sehat. Berolah ragalah dengan teratur setiap hari agar tubuh Anda sehat.

Olah raga yang baik bisa dilakukan ketika pagi hari atau sore hari. Pilihlah waktu yang tepat untuk disiplin berolah raga agar racun makanam yang Anda konsumsi bisa keluar melalui keringat.

Biasanya orang yang rajin berolah raga tidak akan kesulitan untuk tidur pukul 09:00 malam dan bangun pukul 05:00 pagi.

5. Jangan lupa makan malam. Jangan makan malam ketika Anda hendak tidur. Perut Anda butuh waktu untuk mencerna makanan yang Anda makan.

Pukul 06:00 hingga 07:00 malam merupakan waktu yang paling tepat untuk makan malam. Jangan lupa, makanlah dengan kenyang agar tidak menganggu tidur malam Anda yang sudah dijadwalkan.

6. Matikan lampu kamar. Dengan kondisi yang gelap akan memudahkan Anda untuk tidur dengan terlelap.

Cahaya lampu bisa menghambat proses tidur Anda. Jangan lupa untuk mematikan lampu sesaat sebelum Anda tidur.

7. Tidur dekat jendela. Usahakan kamar Anda memiliki ruang ventilasi agar cahaya sinar matahari bisa masuk ruangan Anda.

Anda akan kesulitan untuk bangun jika kamar dalam kondisi gelap. Cobalah untuk tetap tidur dengan kondisi tirai tetap terbuka sehingga cahaya sinar matahari bisa membangunkan Anda.

8. Hindari caffein di malam hari. Anda bebas mengkonsumsi caffein kapan pun Anda inginkan kecuali pukul 07:00 malam ke atas.

Hal ini dikarenakan efek caffein sangatlah kuat bagi tubuh Anda. Jika Anda mengkonsumsinya di atas pukul 07:00 malam, Anda akan kesulitan untuk tidur tepat pada waktunya.

9. Minum kopi setelah bangun tidur. Jika Anda masih mengantuk ketika bangun pagi, jangan kembali ke tempat tidur lagi.

Usahakan untuk langsung bangun. Membuat secangkir kopi bukanlah suatu dosa. Dengan demikian, Anda akan siap beraktivitas di pagi yang istimewa ini.

10. Minum segelas air putih sebelum tidur dan sesudah bangun. Sebelum Anda mengkonsumsi kopi di pagi hari, biasakan untuk mendahulukan minum segelas air putih.

Lakukan juga sebelum Anda tidur di malam hari. Tidak ada salahnya membiasakan hidup sehat. Karena dengan minum air putih yang cukup, racun dan kotoran akan keluar bersama urine ketika Anda buang air kecil.

Itulah 10 tips untuk bangun lebih pagi. Terapkan tips-tips bangun tidur di atas agar Anda bisa bangun dan tidur secara teratur. Tidak ada salahnya jika kita mulai hidup sehat diawali dengan bangun dan tidur secara teratur.

Iklan

Satu tanggapan untuk “10 Tips Sederhana Untuk Bangun Lebih Pagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s