Blog-Blog yang Disukai Pembaca

Berbicara tentang blog tidak akan lepas dari jargon “content is king”, artikel adalah segalanya. Itu mengapa Anda harus mengetahui bagaimana menyajikan artikel yang disukai oleh pembaca sebelum mulai menulis dan menerbitkan artikel di blog Anda.

Tapi kali ini saya tidak ingin membahas tentang jargon “content is king” karena sudah banyak blogger senior yang membahas jargon tersebut. Saya ingin membahas hal-hal lain yang bisa membuat blog Anda disukai oleh pengunjung. Apa saja faktor yang membuat blog Anda disukai pengunjung? Simak hal-hal tersebut dibawah ini:

1. Memiliki Halaman About Me

Anda tidak akan percaya betapa pentingnya halaman about me bagi blog Anda. Pengunjung ingin tahu apa keahlian Anda sehingga mereka mau membaca artikel Anda secara teratur.

Halaman about me yang baik akan menimbulkan kesan baik dalam membina hubungan emosional dengan pembaca Anda.

Jika Anda ingin blog Anda dipercaya dan disukai oleh pembacanya, jangan lupa untuk membuat halaman about me.

2. Design yang Baik

Design blog yang sederhana dan enak dipandang mata merupakan harapan bagi kebanyakan pembaca Anda. Beberapa orang tidak ragu untuk menutup browser mereka jika para pembaca mendapati design blog yang membuat mata sakit. Oleh karena itu, Anda harus meluangkan waktu khusus untuk design blog Anda.

Beberapa faktor untuk mendesign blog Anda agar disukai pembaca antara lain:

1. Mobile friendly. Blog yang memiliki tampilan mobile friendly akan sangat membantu pengunjung yang menggunakan gadget mereka untuk mengakses blog Anda. Tanpa tampilan yang mobile friendly, blog Anda akan kesulitan bersaing dengan blog lain yang memiliki tampilan mobile friendly.

2. Navigasi yang lengkap. Design blog yang memiliki navigasi yang lengkap akan memanjakan pembaca blog Anda untuk menjelajahi seluruh blog Anda. Maka, buatlah kategori-kategori  tertentu agar memudahkan pembaca mengakses apa yang mereka cari di blog Anda.

3. Warna yang tidak membuat mata sakit. Jangan berharap terlalu banyak jika blog Anda penuh dengan warna yang mencolok. Itu bisa membuat mata sakit ketika membaca tulisan di dalamnya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan akses 20 Aturan membuat design yang baik dari antoniue harmoko.

3. Loading Blog yang Cepat

Loading blog yang lama bisa membuat pengunjung blog Anda kesal dan segera menutup browsernya. Selain itu, google juga tidak menyukai blog yang lemot. Jadi, sebisa mungkin buatlah loading blog Anda secepat mungkin.

4. Update Blog Secara Teratur

Pembaca sangat tidak menyukai blog yang jarang di update. Jika Anda mengaku seorang blogger sejati, Anda diwajibkan terus menulis walaupun sedang tidak ingin.

Blog yang jarang di update terkadang membuat pembaca malas untuk membaca. Lalu apalagi yang Anda tunggu? Buatlah jadwal teratur dalam mengupdate bloh Anda!

5. Membalas Komentar

Pembaca akan sangat menghargai Anda jika Anda membalas komentar yang diberikan. Harapanya, akan terjadi hubungan atau interaksi yang baik antara penulis dan pembaca.

Sebisa mungkin balaslah setiap komentar yang masuk sebagai pertanda Anda peduli dengan apa yang dikatakan oleh pembaca Anda. Meskipun bagi Anda, sebagai penulis, lebih mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca.

Iklan

8 tanggapan untuk “Blog-Blog yang Disukai Pembaca

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s