Bagaimana Menjadi Blogger TIDAK Sukses

Jika harus menulis tentang bagaimana seorang blogger menjadi sukses, niscaya saya tidak bisa menuliskannya. Saya tidak pernah benar-benar sukses dalam dunia blogging sehingga tidak punya pengalaman untuk diceritakan. Namun, saya tahu bahwa saya tidak akan sukses karena memiliki hal-hal berikut:

1. Nama domain yang buruk. Kesalahan pertama saya adalah memilih nama blog yang jelek sehingga tidak mudah untuk populer.

Nama shiq4 sangat sulit dieja dan tidak memiliki nilai lebih pada SEO. Meskipun demikian, saya tidak pernah menyesalinya karena tujuan saya ngeblog hanya sebatas menyalurkan hobi menulis saja.

Jika Anda ingin menjadi blogger sukses, maka Anda harus membaca artikel ” Tips memilih nama domain yang baik”. Kemudian pilihlah domain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Tidak Fokus. Blog yang baik adalah blog yang hanya membahas satu topik tertentu secara spesifik.

Blog shiq4 tidaklah demikian. Saya berfokus untuk menciptakan blog dengan topik menulis saja. Namun karena merasa tertekan, akhirnya juga menulis sesuatu diluar topik menulis. Sebuah tanda bahwa blog ini TIDAK akan sesukses blog-blog lainnya.

Untuk itu bagi Anda yang ingin menjadi blogger sukses, rencanakan blog Anda dengan seksama dan teliti sebelum melangkah lebih jauh lagi. Kecuali jika tujuan Anda hanya ingin bersenang-senang, maka hal ini bukanlah perkara yang penting untuk diperdebatkan.

3. Tulisan masih jelek. Saya masih dalam tahap pembelajaran sehingga tulisan saya kerap tidak sistematis alias berantakan.

Tulisan yang baik adalah tulisan yang sistematis dan rapi. Dijelaskan dengan bahasa yang sederhana dan langsung pada intinya. Anda tidak akan pernah menjadi blogger sukses jika Anda masih bingung bagaimana menyajikan informasi agar mudah dipahami dan enak dibaca.

4. Tidak promosi. Saya sangat bergantung pada SEO. Hampir 100 persen pengunjung blog ini berasal dari mesin pencari. Sangat susah menjadi blogger sukses jika tidak memiliki teman seperjuangan.

5. Hanya Iseng. Kebetulan pula bahwa saya hanya iseng saja membuat blog ini sehingga saya mengelolanya pun dengan tidak serius.

Anda tidak akan pernah menjadi blogger sukses jika mengandalkan sebuah kebetulan saja. Kebetulan artikel saya tampil di halaman pertama google, kebetulan berpage rank tinggi, dan kebetulan yang lainnya.

6. Pikiran negatif. Jika Anda sering pesimis tentang apa yang Anda lakukan, maka Anda tidak akan mampu bertindak secara tepat ketika menghadapi setiap kesulitan. Misalnya, takut kalah bersaing dengan blogger lainnya atau takut pagerank akan turun.

Jika Anda ingin menjadi blogger sukses, maka Anda harus senantiasa berpikir positif. Jangan seperti saya yang takut tidak akan ada yang membaca tulisan saya.

7. Tidak update artikel dalam jangka waktu yang lama. Blog yang tidak update artikel secara berkala tidak akan pernah memiliki pengunjung setia.

Itu adalah kerugian besar bagi Anda yang mencoba sukses di dunia blogging.

Selain hal-hal di atas masih banyak lagi faktor yang tidak saya sebutkan. Maklum saja, itu karena berbagai hal di atas merupakan pengalaman pribadi saya yang TIDAK belum sukses.

Tinggalkan Balasan

