Jangan Bermimpi Jadi Blogger Sukses Tanpa Kerja Keras

Banyak sekali saya baca artikel yang menyesatkan bahwa kita bisa menghasilkan uang dengan cepat melalui blog. Tinggal menulis, memasang iklan, dan meraup rupiah tanpa harus bekerja lebih keras dari orang lainnya. Itu semua adalah kebohongan belaka.

Sungguh saya telah banyak melihat blogger-blogger pemula yang memiliki semangat ngeblog yang begitu luar biasa ketika pertama kali berusaha mendapatkan uang dari blog mereka. Namun, beberapa bulan kemudian mereka tiba-tiba berhenti karena harapan menghasilkan uang dari blog tak kunjung terwujud.

Tidak ada yang salah dengan informasi yang Anda baca. Hanya saja dalam dunia blogging yang dibutuhkan adalah ketekunan menulis secara terus-menerus. Bahkan di saat mood Anda buruk, Anda harus tetap menulis untuk keperluan update artikel secara teratur.

Lalu apa yang salah dengan blog saya? Ataukah tulisan saya sudah memenuhi standart artikel berkualitas? Mengapa saya tidak bisa menghasilkan uang melalui blog saya? Itu karena Anda kurang sabar dalam mengelola blog Anda. Untuk menjadi blogger sukses setidaknya Anda membutuhkan waktu yang lumayan lama. Sekitar 3 tahunan dan lihatlah prosesnya dibawah ini:

Tahun Pertama, Tahun Pembelajaran
Tahun pertama ngeblog, Anda harus rajin agar blog Anda kaya content sehingga bisa bersaing dengan blog-blog lainnya.

Jangan berharap menghasilkan uang di tahun pertama karena itu sungguh sangat sulit dilakukan bahkan oleh blogger profesional. Kecuali Anda mengeluarkan banyak uang untuk promosi blog Anda, maka tidak ada yang perlu Anda lakukan selain terus menulis dan menulis.

Di tahun pertama ini, Anda hanya perlu belajar memahami beberapa hal diantaranya:

1. Menemukan gaya menulis. Gaya menulis Anda sangat menentukan akan seperti apa blog Anda di masa depan. Gaya menulis Anda adalah ciri khas Anda dalam menyampaikan informasi. Jangan meniru blogger lain. Teruslah menulis dengan gaya menulis Anda sendiri.

2. Menulis artikel yang disukai pembaca. Anda harus belajar menulis sesuatu yang disukai oleh pembaca Anda sehingga pembaca terus berkunjung ke blog Anda. Jika ada kemauan, disitu ada jalan.

3. Blogger memiliki pantangan. Jika Anda ingin menjadi blogger sukses, maka bacalah 10 jangan untuk blogger pemula. Meskipun sederhana, hal-hal tersebut sangat mempengaruhi blog Anda di masa yang akan datang.

4. Menulis artikel yang enak dibaca. Agar pembaca merasa nyaman ketika membaca setiap tulisan yang Anda publikasikan.

Jadi, ditahun pertama Anda ngeblog, Anda harus berfokus mengembangkan kemampuan menulis Anda. Jangan mempelajari hal-hal lainnya sehingga Anda bisa tenang menulis artikel berkualitas.

Tahun Kedua, Tahun Untuk Promosi
Setelah Anda mampu menulis artikel-artikel berkualitas, kini saatnya Anda berpromosi.

Blog Anda kini telah kaya content, saatnya belajar hal-hal berikut:

1. Belajar SEO. Blog Anda kini sudah siap bersaing. Sudah waktunya Anda belajar SEO. Jika Anda bingung darimana memulainya, artikel-artikel berikut akan membantu Anda:

* Panduan SEO lengkap.

* Tips menulis artikel SEO.

* Strategi belajar SEO gratis di internet.

2. Menentukan cara menghasilkan uang dari blog. Blog Anda sudah kaya content dan sudah berumur satu tahun. Langkah selanjutnya adalah menentukan cara Anda menghasilkan uang dari blog Anda. Beberapa diantaranya adalah :

* Memasang iklan.
* Menulis ebook dan menjualnya.
* Bergabung dengan program afiliasi.
* Membuka jasa.
* Ikut bisnis MLM.
* dll silahkan googling untuk cara-cara yang lebih spesifik.

3. Menjalin relasi dengan blogger lain. Ditahun kedua, Anda juga diwajibkan pandai-pandai mencari kawan seperjuangan agar bisa meningkatkan branding yang mulai terbentuk.

Dengan memiliki banyak relasi, blog Anda akan lebih dikenal. Beberapa cara agar saling mengenal dengan blogger lain antara lain:

* Menjadi penulis tamu.

* Blogwalking dengan cerdas.

* Ikut lomba / giveaway.

Tahun Ketiga, Mulai Menghasilkan
Di tahun inilah Anda mulai bisa bersantai mengelola blog Anda. Update artikel 2 sampai 3 kali setiap minggu adalah cukup adil.

Anda bisa menulis artikel pilar sekali setiap minggu tanpa mengkhawatirkan traffik menurun karena blog Anda sudah memiliki kredibelitas di mata mesin pencari.

Anda juga telah memiliki pembaca setia sehingga Anda tidak perlu bekerja terlalu keras seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dengan modal menulis, Anda bisa menghasilkan uang dengan mudah. Saya ucapkan selamat bagi Anda yang telah menghasilkan uang dari blog Anda. Dan bagi yang belum, jangan terlalu memaksakan diri. Anggap saja ngeblog sebagai pekerjaan sampingan hingga Anda mencapai tahun ketiga. Yang terpenting dari semuanya adalah tetap tekun mengelola blog Anda meskipun saat ini pengunjungnya masih bisa dihitung dengan jari.

Iklan

4 tanggapan untuk “Jangan Bermimpi Jadi Blogger Sukses Tanpa Kerja Keras

  1. Tipsnya kalo dijalanin pasti maknyus jadi blogger kaya, minimal kaya pengalaman atau kaya hati, ๐Ÿ™‚
    Memang segala sesuatu jika pengen berhasil harus kerja keras, konsisten dan sabar. Gak ada yang instan, kecuali makanan cepat saji,wuahaha..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s