Arti Kehidupan

Dalam kesepian, saya mulai bertanya kepada diri sendiri tentang arti kehidupan. Sungguh saya telah banyak membaca artikel yang menjelaskan tentang arti kehidupan dengan begitu baik. Namun, ada perasaan yang menganjal di dada untuk menerima arti kehidupan menurut orang lain.

Sebanyak apapun jawaban dari pertanyaan apa arti kehidupan yang kau baca, tetap saja kau tidak bisa memahaminya. Karena setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda dari kehidupan yang mereka jalani. Subyektivitas sangat terasa kental sekali jika kau mencari jawaban atas pertanyaan apa arti kehidupan?.

Oleh karena itu, saya memberanikan diri untuk menjawab pertanyaan apa arti kehidupan?

Bagi saya, kehidupan itu tidak lebih dari pembelajaran. Hidup adalah belajar. Belajar menerima takdir-takdir yang buruk, juga belajar untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang mungkin hadir dalam kehidupan kita.

Manusia itu tidak lepas dari belajar sepanjang hidupnya di dunia ini. Saya juga belajar tentang banyak hal setiap hari. Belajar menulis artikel SEO, juga belajar bagaimana agar tulisan saya disukai pembaca. Saya juga meyakini bahwa Anda saat ini juga belajar. Entah itu sesuatu yang menurut Anda penting atau sekedar belajar hal-hal yang sepele. Karena jika Anda saat ini sedang tidak belajar, maka Anda telah menyia-nyiakan waktu yang sangat berharga. Jadi, apa arti kehidupan bagi Anda?

Satu tanggapan untuk “Arti Kehidupan

  1. Bagi saya artinya ujian.
    Saya merasa hidup ini ujian aja dan isinya masalah yang tiada habisnya.
    Bagaimana kita mensikapinya itulah pilihan hidup.
    Tuhan ingin kita menjadi manusia dengan derajat yang tinggi. Dan itu bisa didapatkan dengan lulus dalam ujian dunia.
    Allahu A’lam

    Syukron sharingnya, mas.

    Suka

Tinggalkan Balasan

