15 Tips Menulis Untuk Pemula

Tips menulis untuk pemula-Biasanya penulis pemula seperti Anda dan saya kebingungan harus mulai darimana untuk meningkatkan kemampuan menulis.

Itu merupakan permasalahan yang sepele. Namun, jika kita bisa membuat susunan yang sistematis tentang bagaimana memulai tulisan, maka kita bisa dengan mudah menerapkannya untuk bisa mengasah kemampuan kita dalam menulis.

Oleh karena itu, saya telah menyusun tips-tips menulis untuk pemula berikut agar bisa Anda gunakan berlatih menulis.

Mulailah dengan menulis apa yang Anda lakukan.
Setiap orang pasti memiliki aktivitas keseharian yang berbeda-beda. Anda bisa menuliskan semuanya dalam satu artikel atau memilah-milah mana kegiatan yang menarik untuk dituliskan.

Bagi penulis pemula seperti kita, hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagaimana menyajikan aktivitas kita menjadi menarik untuk diceritakan.

Jadi, tips menulis untuk pemula yang pertama adalah tulislah apa yang Anda rasakan, apa yang Anda lihat, apa yang Anda dengar, Apa yang Anda makan, dan apa yang Anda kerjakan menjadi sebuah cerita utuh untuk dibaca.

Meskipun terlihat mudah, menuliskan pengalaman kedalam bentuk tulisan sangatlah membutuhkan kerja otak yang lumayan berat. Bukan menulis satu artikel saja, tetapi menuliskannya setiap hari secara teratur. Oleh karena itu, tips menulis untuk pemula yang kedua adalah disiplinlah menulis setiap hari. Untuk memudahkan Anda berlatih menulis, buatlah sebuah blog atau buku diary.

Ingat, jangan menuliskan sesuatu yang terlalu panjang karena kita sebagai pemula akan merasa kesulitan untuk tetap fokus pada topik. Tips menulis untuk pemula yang ketiga adalah menulislah dengan kata-kata yang sederhana. Jangan berbelit-belit.

Semua itu tidak akan berguna jika Anda tidak memiliki niat untuk belajar menulis yang baik dan benar. Oleh karena itu, tips menulis untuk pemula yang keempat adalah menulislah sungguh-sungguh. Jangan malas dan menunda-nunda kegiatan menulis Anda.

Bagaimana menyajikan tulisannya?
Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana menyajikan setiap tulisannya. Jika Anda melakukan keempat tips menulis sebelumnya selama 2 bulan penuh, Anda akan menemukan gaya menulis Anda sendiri. Tips menulis untuk pemula yang kelima adalah jangan mengikuti gaya bahasa orang lain. Gaya bahasa Anda akan tercipta dengan sendirinya jika Anda tidak meniru orang lain.

Apalah arti tulisan yang bagus jika itu berisi kebohongan yang Anda sajikan demi meraih popularitas. Tips menulis untuk pemula yang keenam adalah tunjukan integritas Anda dengan menulis yang jujur.

Agar pembaca merasa nyaman, maka tips menulis yang ketujuh adalah lakukan pembagian paragraf. Berlatihlah menyusun paragraf dengan baik. Kapan Anda menyajikan paragraf panjang dan kapan harus menyajikan paragraf pendek.

Pembaca terkadang merasa bosan jika Anda menyajikan artikel seperti text book. Tips menulis untuk pemula yang kedelapan adalah gunakan bahasa yang komunikatif. Buatlah tulisan seakan-akan Anda berhadapan dengan pembaca.

Disuatu waktu, mungkin Anda terlalu bersemangat dalam menulis sehingga tanpa Anda sadari tulisan Anda keluar dari topik. Hal ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula dan memang pantas untuk dimaklumi. Meskipun demikian, saya tetap memasukannya ke dalam tips menulis untuk pemula yang kesembilan adalah Menulislah dengan spesifik berdasarkan judul yang telah
anda buat.

Tulisan yang mengambang jauh dari topik akan membuat pembaca merasaย  tertipu dan kurang nyaman saat membaca tulisan Anda.

Dan tips menulis untuk pemula yang kesepuluh adalah menulislah dengan informasi yang jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Motivasi menulis dan mengembangkan kemampuan menulis Anda
Setelah Anda mampu menciptakan kebiasaan menulis yang baik, kini saatnya membaca motivasi menulis dan bagaimana mengasah tulisan Anda agar berkembang dan semakin tajam.

Tips menulis untuk pemula yang kesebelas adalah biasakan mencari informasi dulu dengan membaca sebelum menulis. Informasi dan pengetahuan bisa digunakan untuk membuat kalimat jenius yang disukai pembaca.

Biasakanlah tips menulis untuk pemula yang kedua belas yaitu menulis tanpa mengedit. Itu disebabkan saat menulis Anda butuh konsentrasi penuh untuk menyusun kata per kata. Jika Anda mampu usahakan menulis apa adanya, selesaikan tulisan dulu baru melakukan editing.

Sebagian orang terkadang terlalu sulit menuangkan segala ide-ide hebat dipikiran mereka dalam bentuk tulisan karena mereka tidak tahu bagaimana caranya. Tips menulis untuk pemula yang ketiga belas adalah menulislah sebagaimana Anda berbicara. Buatlah seolah-olah Anda berbicara dengan orang lain ketika menulis sehingga tidak ada ide yang terlewat untuk dituliskan.

Cobalah tips menulis untuk pemula yang keempat belas dengan menjawab pertanyaan apa alasan Anda menulis? Tulislah pada satu paragraf utuh tujuan Anda menulis. Kemudian bacalah kembali ketika Anda merasa lelah atau sedang tidak mood menulis. Ini adalah motivasi bagi Anda untuk segera bangkit dan kembali semangat.

Dan tips menulis untuk pemula yang terakhir tanamkan pada pikiran Anda bahwa siapa pun bisa menulis asal mau giat berlatih. Menulis merupakan kemampuan yang membutuhkan kerja keras. Bukan sekedar bakat.

Referensi:
1. m.kompasiana.com/post/read/513091/3/7-tips-menulis-jadi-gampang.html

Iklan

32 tanggapan untuk “15 Tips Menulis Untuk Pemula

  1. saya sedang belajar menulis sekarang mas.
    Saya membuat blog baru dengan harapan semoga dapat semangat yang baru dalam menulis.
    Untuk saat ini point yang saya terapkan adalah belajar konsisten menulis dulu.
    ๐Ÿ™‚

    Suka

  2. saya org timur maluku utara. kendala kita disini slh satunya adalah berbicara bhs indonesia yg baik dan benar. menulis apalagi, adalah hal yg paling susah utk kita dsni. enakny di daerah jawa adalah kalian sdh menggunakan bhs indonesia dri kcil. qt dsini beda! kyak bhs inggris msalkan dgn gramarnya shingga bsa mmbentuk kalimat yg jelas.. nah gramar kita dsini tuh kacau balauuu. bhs indonesia tapi kacau balau lah. yg pernah ke maluku coba dngar aja nada bicra qt itu kasaar

    Suka

    1. Wah iya mas. Saya sampai sekarang juga belum berani nulis bahasa inggris. Grammarnya berantakan. Saran saya nulis aja dalam bahasa daerah. Pokoknya lancarnya gimana. Ntar bisa nyewa penerjemah untuk menerjemahkan. Baru dikirim ke penerbit. Atau coba tanya penulis2 daerah atau komunitas menulis disana, soalnya saya sendiri masih kurang pengalaman.

      Maaf ya mas jawabanya kalau kurang memuaskan.

      Disukai oleh 1 orang

      1. Sangat memberi pengetahuan, semangat, dan semoga bermanfaat…
        Saya juga boro boro berani nulis bahasa inggris. Karena saya juga belum bisa bahasa inggris, ..Hehehe..
        Maaf mas.. saya belajar mengasuh blog, niat pertama sekedar ingin belajar menulis yang baik, enak di baca. Sekiranya, kalau kita belajar menjadi blogger, dan hanya belajar menulis yang baik, dan enak di baca, itu tidak cukup.
        Karena kita juga harus belajar nulis yang sekiranya google bisa menyukainya, nan alhasil judul posting kita bisa di halaman pertama google.
        Yang saya tanyakan, sebenarnya penulisan yang seperti apa supaya bisa di halaman pertama google ?..
        Masalahnya saya sempat menulis postingan yang berjudul “Agar Postingan Blog di Halaman Pertama Google”, tapi kenyataannya, postingan saya itu tidak muncul di halaman pertama google.. Hehehe.. cukup memalukan..
        Jadi kalau tidak keberatan, saudara bisa beri saya masukkan melalui kolom komentar blog saya itu, agar kelak saya bisa memperbaikinya.
        Untuk lebih jelasnya..
        Silahkan kunjungi yea mas..
        Postingan Blog Muncul di halaman Pertama

        Saya sangat berterima kasih, kalau saudara memberi masukan..
        Tapi jangan di tertawakan loooooh..
        Tulisannya tidak baik dan tidak enak di untuk di baca.

        Suka

      2. Wah klo mau di halaman satu saya sendiri juga masih kesulitan mas. Mungkin nyari bloger yg spesialisasinya SEO. Karena saya sendiri cuma mikirin kualitas kontennya saja. Cuma kebetulan beberapa artikel saya ada yg di halaman pertama begitu saja.

        Disukai oleh 1 orang

  3. Dari 15 tips di atas, saya lebih menyenangi tips menulis dengan jujur. Semoga saya bisa menerapkan tips di atas, paling tidak ada 3 tips yang bisa saya coba untuk berhasil menulis.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s