10 Jangan Untuk Blogger Pemula

Setiap blogger pasti pernah melakukan kesalahan dalam mengembangkan blog mereka. Ada yang hanya sekali saja, kemudian ia belajar dari kesalahan tersebut dan ada yang berkali-kali melakukan kesalahan yang sama karena tidak menyadari bahwa yang dilakukannya merupakan kesalahan yang fatal.

Berikut adalah 10 jangan yang tidak boleh dilakukan oleh blogger:

1. Jangan copy paste. Jika Anda ingin dihargai orang lain, maka Anda harus mulai menghargai orang lain terlebih dahulu.

Jangan pernah mengcopy paste artikel blogger lain karena bisa menurunkan kredibelitas blog Anda.

Copy paste merupakan kesalahan fatal yang tidak perlu Anda lakukan. Sekali Anda mencobanya, Anda akan mulai tergoda untuk terus melakukannya.

Selain itu, Copy paste juga bisa menghilangkan kreativitas Anda dalam menulis sekaligus mengikis kemampuan menulis Anda.

2. Jangan malas menulis. Ketika Anda menjadi blogger, itu berarti Anda berkomitmen untuk terus menulis. Untuk berbagai alasan, Anda tidak dibenarkan untuk malas menulis dan tidak mengupdate blog Anda dalam waktu yang lama.

Karena memang pekerjaan seorang blogger hanyalah menulis, maka belajarlah menulis dahulu sebelum memulai sebuah blog agar Anda tidak menelantarkan blog Anda di kemudian hari.

Lebih baik tetap menulis walaupun tulisan kita masih terlihat jelek. Seiring berjalannya waktu, kemampuan menulis yang diasah terus menerus akan berkembang ke arah yang lebih baik.

Perlahan tapi pasti kualitas tulisan Anda akan berkembang tanpa Anda sadari. Teruslah menulis sehingga tercipta kebiasaan menulis yang baik.

3. Jangan ikut-ikutan. Salah satu alasan mengapa blog tidak berkembang adalah ketika blogger mengikuti tren atau topik yang sedang populer.

Memang tidak salah jika Anda sudah memiliki branding blog yang baik. Namun, jika blog Anda belum memiliki brand, sebaiknya Anda mulai berfokus untuk mengembangkan tema menulis Anda terlebih dahulu.

Tentukan visi ngeblog yang jelas sehingga Anda tidak mudah ikut-ikutan trend blogger lain.

4. Jangan tidak membaca. Pengetahuan adalah kekuatan dalam menulis. Jangan sekali-kali meremehkan pengetahuan Anda ! Dan pengetahuan didapat melalui membaca.

Selain menulis secara teratur, seorang blogger harus rajin membaca agar memperoleh pengetahuan untuk menopang kreativitasnya dalam menulis.

5. Jangan berkomentar tidak etis. Berkomentar memang suatu kebebasan. Anda bisa berkomentar sesuka hati Anda tanpa batasan apapun. Tetapi akan lebih afdol jika Anda mengikuti aturan sopan santun.

Jangan berkomentar yang menyinggung agama, ras, dan sesuatu yang provokatif. Terapkanlah etika berkomentar yang baik dan benar sehingga Anda mendapatkan feedback yang baik pula.

6. Jangan terlalu fokus pada SEO. Menulis artikel SEO memang menyenangkan. Kita bisa bersaing dengan blogger lain untuk memperebutkan tampil dihalaman pertama google. Tapi, perlu di ingat bahwa pembaca adalah yang nomor satu.

Jangan menjejali artikel Anda dengan kata kunci yang tidak perlu. Menulislah secara alami.

Jika memang Anda menulis untuk kata kunci tertentu, maka usahakan agar artikel Anda tetap enak dibaca.

7. Jangan malu untuk bertanya. Malu bertanya sesat di jalan. Jika Anda memiliki unek-unek atau masalah dalam ngeblog, bertanyalah pada blogger lainnya.

Jangan malu bertanya meskipun itu merupakan hal-hal dasar. Misalnya pertanyaan dibawah ini:

* Apa itu blogwalking?
* Pentingkah alexa rank bagi sebuah blog?
* Bagaimana menulis artikel SEO?
* Bagaimana mendapat backlink yang berkualitas?
* Atau strategi mengembangkan blog untuk pemula?

8. Jangan terlalu sering ganti theme. Sebenarnya tidak salah jika Anda memodifikasi tampilan blog Anda sebaik mungkin. Tetapi terlalu berfokus untuk mengutak-atik tampilan adalah perbuatan yang sia-sia.

Lebih baik berfokuslah pada menulis artikel yang berkualitas dulu. Sedangkan masalah tampilan bisa Anda perbaiki sedikit demi sedikit di waktu luang Anda.

9. Jangan lupa blogwalking. Membina hubungan baik dengan blogger lain melalui blogwalking merupakan langkah yang efektif untuk mengembangkan blog Anda.

Selain itu, pada blog-blog tertentu Anda akan mendapatkan backlink berkualitas jika kotak komentarnya di setting untuk do follow. Lumayan bukan.

10. Jangan memberi judul yang terlalu wow. Terkadang memberi judul yang terlalu wow bisa menjadi blunder bagi blog Anda.

Bayangkan seorang pengunjung yang tertarik dengan judul artikel Anda kecewa ketika mendapati isi artikel tidak wow.. Seperti judulnya.

Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memberi judul artikel. Tidak ada yang salah jika kita belajar bijaksana dalam pemberian judul artikel kita. Bukankah demikian?

17 thoughts on “10 Jangan Untuk Blogger Pemula

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s