Menumbuhkan Kembali Semangat Ngeblog

Semangat ngeblog itu naik turun. Ada waktunya ketika semangat ngeblog berapi-api sehingga Anda bisa menulis dan update artikel setiap hari. Namun di lain waktu, semangat ngeblog itu bisa hilang begitu saja sehingga blog terbengkalai dan tidak terawat dengan baik. Oleh karena itu, Anda membutuhkan hal-hal berikut agar semangat ngeblog bisa terus konsisten dan berada pada level dimana Anda bisa menulis minimal satu kali setiap minggu:

1. Menentukan visi ngeblog. Jika Anda tidak memiliki visi yang jelas, maka kegiatan ngeblog Anda tidak akan berkembang kemana pun. Anda hanya berputar-putar tanpa memiliki tujuan jelas sehingga Anda merasa bosan dan semangat ngeblog pun akan turun, menjadi malas, dan akhirnya pada tingkat yang memprihatinkan, berhenti ngeblog.

2. Tentukan panutan Anda dalam ngeblog. Dengan memiliki sosok panutan, Anda akan memiliki arah yang jelas mau dibawa kemana blog Anda di masa depan. Apakah hanya membahas satu topik secara spesifik? Atau mengembangkannya menjadi beberapa topik yang saling berhubungan. Sosok panutan akan menginspirasi Anda untuk tetap konsisten menulis secara teratur. Bahkan jika memungkinkan, Anda bisa melewati sosok panutan tersebut.

3. Apa alasan Anda ngeblog? Sudahkah Anda mencapai target-target ngeblog? Alasan ngeblog adalah motivasi yang bisa menumbuhkan semangat ngeblog ketika Anda merasa malas atau mengalami kejenuhan dalam ngeblog. Tulislah pada sebuah kertas apa alasan Anda ngeblog dalam satu paragraf sederhana. Kemudian bacalah tulisan itu berulang-ulang sehingga Anda merasa bersemangat kembali untuk ngeblog.

Hal-hal yang membuat semangat ngeblog turun.

Jika 3 hal diatas digunakan untuk menjaga agar senantiasa semangat untuk ngeblog, maka berikut adalah tips untuk menumbuhkan kembali semangat ngeblog ketika Anda menghadapi hal-hal yang bisa membuat semangat ngeblog Anda turun:

Malas Menulis
Rasa malas merupakan musuh nomer satu bagi blogger. Biasanya rasa malas itu membuat Anda tidak lagi memiliki semangat untuk ngeblog. Solusinya adalah dengan membuat jadwal menulis. Patuhilah jadwal menulis Anda dengan disiplin untuk mengalahkan rasa malas Anda.

Terlalu Banyak Ide.
Semangat Anda bisa hilang jika Anda terlalu banyak ide di pikiran. Tulislah ide Anda secara sistematis sehingga Anda mudah mengolah ide tersebut menjadi tulisan satu persatu. Jangan membiarkan ide tersebut hilang begitu saja. Jangan pula tergesa-gesa menuliskan semua ide. Lakukan pelan-pelan secara teratur.

Sepi Pengunjung.
Dalam membangun blog dibutuhkan kesabaran yang luar biasa disertai ketekunan dalam menulis agar blog Anda berhasil. Jangan pikirkan pengunjung dulu, fokuslah pada kualitas artikel yang Anda buat. Pengunjung akan datang dengan sendirinya ketika blog Anda telah kaya konten.

Lakukan langkah-langkah diatas maka saya jamin semangat Anda dalam ngeblog tidak akan hilang. Apa yang membuat blogger menjadi sukses adalah kesabaran mengelola blog dengan hati-hati dan ketekunan menulis secara teratur.

8 thoughts on “Menumbuhkan Kembali Semangat Ngeblog

  1. setelah tantangan menulis artikel setiap hari saya beberapa hari lalu kandas karena kesibukan tugas kuliah dan deadline pekerjaan yang lebih prioritas, motivasi sempat turun, namun sekarang mudah2an kembali lagi. saya masih ada hutang 7-8 artikel supaya bisa rata2menulis artikelnya jadi 1 artikel per hari. Doakan.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s