Pentingkah Alexa Rank Bagi Sebuah Blog?

Seberapa pentingkah alexa rank bagi sebuah blog? Apakah penting? Lalu apa efek yang didapat jika memiliki alexa rank yang baik? Dalam tinjauan saya sebagai blogger, alexa rank bukanlah tolak ukur sebuah blog yang akurat. Meskipun demikian, alexa rank tetap memberikan porsi yang sedikit banyak membuat pemilik blog ketar-ketir jika nilai alexa rank membengkak tidak terkontrol.

Seperti sudah menjadi kesepakatan bersama bahwa semakin kecil nilai alexa rank, maka si pemilik blog boleh berbangga diri karena hasil kerja keras mereka dinilai baik oleh alexa. Artinya, blog mereka memiliki pengunjung yang semakin banyak pula. Selain itu, alexa tidak memiliki peran lain dalam dunia blogging.

Pemberian nilai alexa didasarkan atas 3 hal yakni :

1. Jumlah pengunjung per hari. Alexa akan memberikan nilai tinggi untuk situs yang memiliki banyak pengunjung per hari. Jadi, salah satu cara untuk mendapatkan nilai alexa yang baik Anda diharuskan memperbanyak jumlah pengunjung blog Anda. Untuk itu, bacalah tips meningkatkan jumlah pengunjung blog dalam waktu singkat.

2. Backlink. Alexa juga mementingkan berapa banyak backlink yang dimiliki oleh sebuah blog. Oleh karena itu, carilah backlink sebanyak mungkin agar blog Anda memiliki peringkat yang baik di alexa.

3. Keyword On Page. Alexa juga memberikan data keyword apa yang dominan menarik pengunjung ke blog Anda. Maksimalkan data keyword tersebut dengan menulis artikel sederhana tentang kata kunci yang ada pada data alexa.

Itulah opini saya tentang alexa. Tidak penting tapi cukup menarik untuk dijadikan tolak ukur kesuksesan suatu blog.

8 thoughts on “Pentingkah Alexa Rank Bagi Sebuah Blog?

  1. Dulu saya berusaha agar alexa rank di blog saya semakin hari semakin kecil. Caranya dengan tanam backlink. Dengan membuat blog dummy dan beberapa teknik SEO sederhana lainnya. Dan terbukti lambat laun alexa rank saya semakin hari semakin kecil. Seingat saya, dulu sempat di angka 2 jutaan. Sekarang menjadi 6 juta karena tidak pernah saya optimasi.

    Tapi saya menyadari tujuan ngeblog saya bukan untuk mencari penghasilan, jadi menurut saya alexa rank tidaklah penting bagi saya. Orientasi saya sekarang, ngeblog untuk belajar menulis sekaligus menyampaikan gagasan yang “berlarian” di kepala. Hihihi… Jadi untuk blog saya, alexa rank tidak menjadi prioritas utama ngeblog, Mas. πŸ™‚

    Suka

  2. Kalau blog yang isinya cuma buat numpang nulis aja kayaknya nggak masalah sama yang namanya Alexa atau pagerank apapun. Kalau blognya tu buat komersial, nah itu baru yang buat masalah, buat perjuangan supaya visitornya gede. Aku pernah baca juga sih kalau misalnya pengunjung hari ini sama dengan pengunjung yang kemaren, Alexa Ranknya bakalan besar. Jadi kayaknya Alexa tu dah kayak Kaizen.

    Suka

Tinggalkan Balasan

