Tentang Hujan

Jika boleh untuk melukiskan sesuatu tentang hujan, maka aku menggambarkan hujan sebagai sebuah keindahan. Irama rintik hujan yang jatuh dari langit terlihat begitu indah. Sangat sederhana, sangat elok, dan sangat menakjubkan. Jarang-jarang ada orang yang menghabiskan waktu memandang butir-butir air dari langit atau mungkin mereka tidak pernah menyadari keindahan hujan itu sendiri.

Apakah Anda menyadarinya? Aku begitu terpesona memandang hujan yang turun sore ini. Mungkin hujan ini jatuh di waktu yang tepat. Tepat ketika keinginan menulisku muncul. Dan benar saja, aku menulis sesuatu tentang hujan.

Jangan khawatir karena aku tidak akan menulis tentang kesedihan. Bukan pula sajak hujan yang melulu dingin dan berupa kenangan. Ini hanya tentang hujan.

Hujan itu anugrah, maka tersenyumlah engkau ketika dirimu mendapati hujan di waktu-waktu yang tidak tepat. Jika engkau dalam keadaan sibuk, maka luangkan sedikit waktumu untuk memahami arti hujan yang sebenarnya. Karena jika tidak hujan, mustahil bagi petani untuk menumbuhkan padi yang kita makan sehari-hari. Mustahil pula bagi bunga di tepi jalan untuk tumbuh dan menghibur kita dengan aroma wanginya. Itu semua ada karena hujan tidak telat turun ke bumi. Karena hujan.

Tapi berhati-hatilah dengan rintik hujan. Karena jika alam sudah marah, hujan bisa menjadi senjata yang mematikan. Tak terhitung berapa banyak korban banjir dan tanah longsor. Itu semua juga karena hujan. Bisakah saya dan Anda bersikap bijaksana tentang hujan? Entahlah.

2 thoughts on “Tentang Hujan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s