Siapa pun Bisa Menulis

Siapa pun bisa menulis apa pun yang mereka ingin tulis. Menulis isi perasaan atau sekedar menuangkan pemikiran-pemikiran rumit menjadi artikel sederhana yang mudah dipahami oleh pembaca. Terlepas dari baik atau buruknya suatu tulisan, ya… Semua orang bisa menulis. Bahkan penulis tanpa bakat pun bisa menulis artikel yang enak dibaca. Namun, perlu banyak latihan menulis sebelum tulisan kita benar-benar bisa diterima oleh khalayak ramai.

Jika Anda termasuk orang yang tidak punya bakat menulis namun memiliki hobi menulis, maka jangan khawatir. Karena menulis itu adalah ketrampilan yang bisa dipelajari oleh siapa pun. Termasuk Anda dan saya.

Berbeda dengan mereka yang sudah lahir dengan bakat menulis, kita perlu banyak berlatih menulis lagi, lagi, dan lagi untuk bisa menyamai mereka yang sudah memiliki bakat menulis. Latihan menulis secara teratur akan mampu meningkatkan kemampuan menulis kita dengan cepat. Jadi, untuk Anda penulis tanpa bakat, jangan malas menulis agar kemampuan menulis Anda bisa sebanding dengan mereka yang lahir dengan bakat menulis. Disiplinlah menulis!

Pertama, untuk bisa menulis dengan baik, Anda hanya butuh niat menulis. Karena jika Anda meragukan kemampuan menulis Anda, maka Anda tidak akan kemana-mana. Tanamkan di pikiran Anda bahwa siapa pun bisa menulis dan jangan pernah sekalipun meremehkan potensi Anda dalam menulis.

Kedua, jangan malu jika tulisan Anda masih jelek. Karena semua hal butuh proses, tidak terkecuali dalam menulis. Anda tidak akan pernah menghasilkan tulisan yang baik jika Anda belum merasakan pahitnya menghasilkan tulisan yang jelek. Tunjukan pada dunia bahwa Anda bisa menulis. Karena memang pada dasarnya siapa pun bisa menulis, termasuk Anda.

Ketiga, Ciptakanlah kebiasaan menulis yang baik sehingga Anda mahir mengolah dan memilih kata yang tepat untuk menyampaikan ide menulis Anda. Ingat, bisa itu karena terbiasa.

Keempat, Disiplinlah menulis. Tanpa kedisiplinan menulis, kemampuan menulis Anda tidak akan terasah, menjadi tumpul, dan sia-sia. Anda harus rutin menulis setiap hari jika ingin menciptakan tulisan yang baik dan berkualitas. Jangan bermalas-malasan.

Kelima, menulis itu menyenangkan bukan beban. Jadi, jangan terlalu banyak berpikir ketika menulis. Sampaikan ide Anda dengan menulis apa adanya, sederhana, dan tidak berbelit-belit.

Dan terakhir, nikmatilah hasil tulisan Anda. Bacalah tulisan Anda secara berulang-ulang. Pertahankan apa saja yang menurut Anda adalah kelebihan menulis Anda dan perbaiki atau hilangkan apa saja yang menurut Anda adalah kekurangan Anda dalam menulis. Berlatihlah secara teratur dan Anda akan melihat betapa baiknya tulisan yang Anda ciptakan. Jadi, keep smile karena siapa pun bisa menulis.

4 thoughts on “Siapa pun Bisa Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s