Berbagi Ilmu Dengan Menulis

Menulis merupakan kegiatan merangkai kata yang tidak semua orang bisa melakukannya dengan mudah. Oleh karena itu, berbahagialah orang yang bisa menyampaikan pendapat dan gagasan melalui menulis. Apalagi bagi mereka yang memiliki niat untuk berbagi ilmu, pantaslah mereka bangga dengan ilmu bermanfaat yang mereka miliki. Tidak hanya bagi diri sendiri, tapi juga bisa bermanfaat bagi orang lain.

Dengan membagikan ilmu melalui menulis, ilmu tersebut tidak akan pernah berkurang dan tidak akan pernah hilang. Bahkan ilmu tersebut menjadi bertambah setelah Anda membagikannya kepada orang lain.

Untuk bisa membagikan ilmu dengan menulis bukanlah suatu perkara yang mudah. Setiap tulisan yang bertujuan untuk berbagi ilmu harus memiliki landasan fakta yang bisa dipertanggungjawabkan oleh si penulis. Tidak hanya itu saja, tulisan yang bersifat subyektif cenderung mengundang pro dan kontra. Oleh karena itu, seorang penulis harus bisa menuliskan segala pemikirannya yang didukung oleh ilmu yang mumpuni agar pembaca mau menerima ide yang dipaparkan oleh penulis.

Berbagi pengalaman juga termasuk berbagi ilmu. Karena di setiap kejadian pasti ada hikmah yang terkandung di dalamnya. Anda hanya perlu berpikiran terbuka atas segala kejadian dan menjadikan pengalaman tersebut sebagai pelajaran ilmu kehidupan.

Selain untuk berbagi ilmu, menulis juga dapat dipakai untuk pengingat ilmu jika kita lupa. Karena sudah menjadi hakikat manusia sebagai makluk yang mudah lupa. Dengan mengikat ilmu melalui menulis, niscaya seseorang akan memiliki ingatan yang kuat atas ilmu yang dibagikan oleh penulis kepada orang lain.

Dalam proses berbagi ilmu, kita juga bisa menulis untuk mengikat makna. Yakni secara sadar menuliskan segala bentuk perasaan dan pikiran akan sesuatu hal. Mencoba menulis setiap pengalaman dari berbagai sudut pandang yang kita sukai dan bersifat membujuk agar pembaca menerima pengalaman kita sebagai suatu pelajaran hidup.

Ilmu yang dituliskan dalam sebuah tulisan pun bermacam-macam. Anda bisa menulis segala bentuk ilmu dalam sebuah tulisan. Hanya saja Anda akan mengalami banyak kesulitan jika Anda tidak terbiasa menuliskan ilmu yang Anda miliki dalam bentuk susunan kata. Oleh karena itu, mulailah membiasakan diri untuk menulis segala ilmu yang Anda miliki agar Anda terbiasa bersikap bijaksana dengan ilmu yang Anda miliki.

One thought on “Berbagi Ilmu Dengan Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s