Menulis Untuk Mengekspresikan Diri

Salah satu tujuan menulis adalah untuk mengekspresikan isi perasaan, emosi, dan pikiran kita. Melalui menulis kita berusaha sekuat tenaga untuk menggambarkan perasaan, emosi, dan pikiran agar pembaca memahami makna yang terkandung dalam tulisan kita.

Tidak hanya itu saja, terkadang ekspresi-ekspresi yang kita keluarkan juga bertujuan untuk memberi informasi yang bermanfaat bagi pembacanya. Ekspresi-ekspresi tersebut dituangkan ke dalam bahasa yang sederhana, sopan, dan santun sehingga pembaca merasa nyaman ketika membaca tulisan tersebut.

Menulis juga merupakan ekspresi yang telah melalui proses nalar di pikiran. Dengan begitu, setiap hasil tulisan merupakan sesuatu yang bisa dipertanggungjawabkan secara logis dan bisa diterima oleh khalayak ramai.

Untuk berekspresi melalui tulisan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Diperlukan banyak pengalaman menulis secara terus-menerus dan teratur sebelum seorang penulis mampu memiliki ketrampilan menulis dalam mengolah kata-kata untuk dijadikan kalimat yang efektif dan efisien.

Ekspresi-ekspresi dalam menulis pun memiliki batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar yakni moral dan etika yang dianut oleh masyarakat. Meskipun batasan-batasan itu tidak dijelaskan secara gamblang, alangkah baiknya jika kita menulis dengan berpegang teguh kepada kebaikan dan kedamaian.

4 thoughts on “Menulis Untuk Mengekspresikan Diri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s