Terlalu Banyak Ide Di Pikiran

Selain kehabisan ide menulis, terlalu banyak ide menulis dalam satu waktu juga menjadi salah satu hambatan terbesar dalam menulis. Banyaknya ide tersebut membuat kita bingung dan tidak fokus ketika menulis. Mau dibuang begitu saja, kok rasanya sayang? Mau dicatat, kok rasanya menganggu aktivitas menulis. Sebuah dilema yang sulit dimengerti oleh penulis pemula seperti saya.

Jika saya mengalami hal tersebut, biasanya saya langsung membuat draft baru dan langsung menyelesaikan ide baru tersebut dengan menulis apa adanya, tanpa proses editing, mengalir begitu saja.

Dengan cara demikian saya tidak akan pernah lagi kehilangan ide yang terlintas di kepala.

Lebih dari itu, banyaknya ide tersebut menjadi tantangan bagi saya untuk segera menyelesaikannya menjadi sebuah artikel. Kebetulan…biasanya ide yang bersliweran ketika saya menulis masih satu tema dengan apa yang sedang saya tulis sehingga membuat blog saya kaya content tentang tips menulis.

Adapun draft-draft tulisan yang tidak selesai, saya tinggal memperbanyak membaca guna mencari informasi untuk menopang ide-ide dalam draft tersebut dan menjadikannya artikel utuh yang siap dipublikasikan.

Jadi, jika Anda mengalami hambatan yang sama, yakni terlalu banyak ide menulis, jangan ragu untuk menuliskan semua menjadi draft menulis. Karena ide-ide yang sederhana tersebut bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain.

One thought on “Terlalu Banyak Ide Di Pikiran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s