Menulis Sebagai Media Belajar

Menulis bisa dikatakan sebagai media pembelajaran yang nyata karena melalui menulis kita terpaksa mencari informasi sebanyak-banyaknya untuk menopang tema yang ingin ditulis.

Saat mencari informasi itulah kita sebenarnya tenggelam dalam dunia pembelajaran. Belajar untuk bijaksana dalam menyampaikan informasi, memperhalus kata agar sopan dan santun, serta menulisnya dengan bahasa yang mudah dimengerti agar mudah dipahami oleh pembaca maksud dan tujuan tulisan tersebut dibuat.

Selain itu, ketika kita memilah-milah informasi dan fakta untuk mendukung argumentasi kita, sebenarnya kita mempertajam pikiran dalam upaya menyerap pokok-pokok pikiran sebuah bacaan. Mana fakta yang baik digunakan untuk mendukung argumentasi kita dan mana fakta yang kurang baik jika disampaikan melalui tulisan.

Dalam proses menulis pun kita belajar untuk menyampaikan pendapat agar diterima oleh pembaca. Entah itu mengenai hal-hal umum seperti etika berkomentar di blog hingga hal-hal spesifik seperti tips menulis halaman about me.

Oleh karena itu segeralah mengikat ilmu denga menulis saat ini juga. Jangan malu jika tulisan Anda tidak bagus. Karena seiring dengan waktu, kemampuan menulis Anda akan semakin terasa. Dan tentu saja di masa yang akan datang Anda lebih mudah beropini melalui menulis dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s