Kehabisan Ide Menulis

Apakah Anda mengalami kebuntuan dalam menulis? Bingung mau nulis apa? takut melakukan kesalahan dalam menulis ? Anda sedang beruntung karena artikel ini membahas tentang bagaimana menghadapi kebuntuan dalam menulis.

Kehabisan ide menulis merupakan hal wajar bagi penulis, entah itu penulis pemula atau penulis profesional. Biasanya kehabisan ide menulis dikarenakan pikiran yang terlalu lelah menulis artikel sejenis secara terus-menerus. Tapi jangan khawatir, Anda bisa melakukan tips berikut saat Anda kehabisan ide menulis:

1. Blogwalking. Kunjungilah blog atau website yang memiliki tema sama dengan Anda. Carilah artikel yang menurut Anda menarik, lalu tulis ulang artikel tersebut dengan gaya bahasa Anda. Ingat, tulis ulang, bukan copy paste.

2. Kunjungi perpustakaan. Carilah referensi buku di perpustakaan sesuai dengan kebutuhan Anda. Saya rasa buku-buku di perpustakaan sangat bisa memberi Anda ide menulis dengan tema yang Anda inginkan.

3. Baca ulang artikel yang pernah Anda posting. Dengan membaca ulang, Anda bisa mencari kekurangan artikel tersebut. Kemudian buatlah artikel baru yang menjelaskan kekurangan pada artikel sebelumnya.

4. Kunjungi forum-forum dengan tema yang Anda inginkan. Dalam forum banyak pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab, Anda bisa mengangkat permasalahan-permasalahan tersebut menjadi sebuah artikel sederhana. Berilah solusi atas permasalahan tersebut.

5. Istirahat yang cukup. Terkadang kehabisan ide menulis lebih dikarenakan faktor pikiran yang terlalu lelah, cobalah untuk beristirahat sejenak. Misalnya nonton TV, mendengarkan musik, atau mendengarkan radio. Setelah merasa agak segar, cobalah untuk menulis lagi.

Dengan sedikit tips di atas, saya rasa Anda akan bisa melanjutkan menulis artikel yang Anda inginkan. Jika Anda masih merasa kesulitan menuangkan ide setelah membaca artikel ini, maka cobalah berganti tema menulis. Tema menulis yang baik adalah sesuatu yang Anda sukai. Dan Anda akan menemukan bahwa menulis itu pekerjaan yang menyenangkan. Bukan sebagai beban.

Referensi:
1. omah-tips.blogspot.com/2014/07/cara-mendapatkan-ide-menulis-blog-.html?m=1

One thought on “Kehabisan Ide Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s