Unsur Kejutan Dalam Menulis

Kejutan merupakan hal yang ditunggu pembaca. Rasa penasaran yang dihabiskan membaca halaman demi halaman memuakan akan terbayar ketika ada unsur kejutan. Sesuatu yang tidak pernah dipikirkan oleh pembaca sebelumnya.

Contoh sederhana bisa Anda lihat dibawah ini. Sebuah posting dari teman saya Gangan Januar dengan sedikit perubahan.

Celana Dalam Ungu
Hari itu, cuaca bandung tidak bersahabat. Matahari terasa panas,  dan perpaduan antara asap kendaraan bercampur debu seolah kompak berkeliaran mencari korban. Korban itu adalah Nanang, pria 22 tahun yang berjalan seorang diri menuju toko buku Gramedia Merdeka. Betapa tersiksa ia dengan cuaca yang demikian.

Cuaca yang menyiksa itu segera hilang saat Nanang melewati pintu. Udara dari AC membuat tubuh Nanang kembali segar.Tak lama kemudian, ia langsung bergerak ke lantai atas untuk mencari buku-buku yang dia
butuhkan. Ia berjalan menuju deretan buku-buku psikologi. Satu persatu ia perhatikan buku-buku yang tersusun rapi di rak.

Dari kejauhan, ia melihat seorang perempuan mondar mandir bingung di deretan buku tata boga. Perempuan itu mulai mencari dari deretan paling bawah dan tidak menemukan buku yang ia cari.  Ia melanjutkan ke deret di atasnya dan masih tidak menemukan buku yang ia cari. Ia melanjutkan ke baris terakhir, yaitu baris paling atas. Entah rak bukunya terlalu tinggi atau perempuan itu yang kurang tinggi, dia mencari sambil menengadahkan kepala keatas dan kaki yang jinjit maksimal. Dia mencari dari sisi kiri. Satu persatu dia perhatikan sambil sesekali kakinya turun karena pegal. Pencariannya berlanjut hingga akhirnya dia menemukan buku yang dia cari. Karena letak bukunya yang terlalu ke dalam, dia harus lebih mengangkat kakinya lebih tinggi lagi.

Sementara itu, sebuah benjolan berwarna ungu tergambar jelas di kening Nanang akibat berbenturan dengan rak buku karena kehilangan konsentrasi melihat celana dalam ungu perempuan tadi saat ia jinjit mengambil buku.

Dari artikel diatas, apakah Anda mengerti maksudnya? Jika Anda mengerti selera humornya maka Anda siap menulis dengan unsur kejutan. Ya… Sebuah kejutan yang menyenangkan.

One thought on “Unsur Kejutan Dalam Menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s